Tuesday, April 16, 2019

Bisakah varian genetik memprediksi risiko depresi pada orang muda?



Sebuah studi baru melihat susunan genetik dari ribuan orang dewasa dengan depresi untuk mencoba menemukan cara yang akurat untuk memprediksi anak-anak dan remaja mana yang mungkin berisiko terkena masalah kesehatan mental ini.

Banyak faktor yang menentukan risiko depresi seseorang, dan ini termasuk faktor genetik dan lingkungan, seperti melalui peristiwa kehidupan yang sulit atau minum obat dengan efek samping tertentu.

Namun, sementara kita sudah tahu beberapa faktor risiko yang mungkin, tidak selalu mudah untuk memprediksi siapa yang paling berisiko mengalami depresi, terutama sejak dini dalam kehidupan.

Baru-baru ini, para peneliti dari lembaga-lembaga di seluruh dunia telah bergabung untuk menyelidiki apakah mereka dapat menemukan cara untuk memprediksi risiko depresi seorang anak atau remaja dengan menganalisis susunan genetik orang dewasa dengan depresi dan membuat "peta" kemungkinan penyebab genetika. .

Upaya mereka, kata para peneliti, juga akan membuatnya lebih mudah untuk memahami individu mana yang lebih banyak terpapar pada peristiwa kesehatan mental sebelum beberapa faktor pembaur yang mungkin muncul.

Para peneliti berasal dari Max Planck Institute of Psychiatry dan Ludwig-Maximilians-Universitaet di Munich, Jerman, Universitas Emory di Atlanta, GA, Universitas Coimbra di Portugal, dan Universitas Helsinki di Finlandia.

Dalam studi mereka, para peneliti menghitung skor risiko poligenik - kuantifikasi efek yang mungkin dari kombinasi variasi genetik yang berbeda - menggunakan temuan dari Psychiatric Genomics Consortium, yang melihat data dari lebih dari 460.000 orang dewasa.

Skor risiko genetik kompleks untuk penyelamatan
Para peneliti menjelaskan bahwa secara individual, berbagai varian genetik yang dikaitkan dengan penelitian sebelumnya dengan depresi tidak membuat perbedaan yang signifikan terhadap risiko depresi. Namun, secara kumulatif, mereka memiliki efek besar pada risiko ini.

"Skor [risiko poligenik] pertama kali dihitung dari data genetik yang diperoleh dari sejumlah besar orang dewasa dengan depresi," catat penulis pertama Thorhildur Halldorsdottir.

Mengikuti langkah pertama ini, para peneliti menilai skor risiko ini dalam kelompok anak-anak dan remaja berusia 7-18 tahun, di antaranya 279 memiliki gejala depresi dan 187 sehat. Yang terakhir bertindak sebagai kelompok kontrol.

"Parameter ini kemudian dievaluasi dalam kelompok anak-anak dan remaja yang lebih kecil untuk menentukan apakah ia dapat memprediksi depresi dan gejala depresi pada kelompok usia ini," tambah Halldorsdottir.

Para peneliti juga melihat efek dari pengalaman awal pelecehan terhadap kesehatan mental peserta muda, karena ini merupakan faktor risiko terverifikasi untuk depresi. Melakukan hal ini memungkinkan para peneliti untuk menunjukkan betapa pentingnya skor risiko poligenik dalam menilai risiko depresi.

"Kami menemukan bahwa skor risiko poligenik dan paparan pelecehan pada masa kanak-kanak adalah informatif dalam mengidentifikasi orang muda yang berisiko mengalami depresi," catat Halldorsdottir.

Para peneliti percaya bahwa hasil penelitian ini dan penelitian serupa lainnya, di masa depan, dapat membantu para ahli kesehatan mental mengidentifikasi anak muda mana yang paling berisiko terkena depresi, yang memungkinkan mereka untuk menerapkan strategi pencegahan yang sesuai.

"Dengan menerapkan temuan penelitian seperti ini, di masa depan mungkin saja menargetkan anak-anak muda yang berisiko paling tinggi untuk mengalami depresi, yaitu mereka yang memiliki skor risiko poligenik tinggi dan / atau riwayat pelecehan anak, karena ini efektif intervensi, "kata peneliti utama gabungan penelitian ini, Gerd Schulte-Körne.

Rekan penulis Elisabeth Binder menyebut ini "studi pertama yang menunjukkan bahwa skor risiko poligenik yang dihitung dari orang dewasa dengan depresi dapat digunakan untuk mengidentifikasi anak-anak [berisiko] [...] sebelum gejala klinis muncul."

Meskipun Binder mengakui bahwa pekerjaan menemukan metode terbaik untuk mengidentifikasi orang muda yang berisiko mengalami masalah kesehatan mental tidak berhenti dengan penelitian ini, ia percaya bahwa ini adalah langkah pertama yang penting menuju penerapan strategi pencegahan yang lebih baik secara lebih efektif.

"[Saya] mengidentifikasi anak-anak mana yang lebih mungkin untuk mengembangkan depresi akan memberi kita kesempatan untuk menerapkan strategi pencegahan yang efektif dan mengurangi beban kesehatan yang sangat besar terkait dengan depresi."

Elisabeth Binder

No comments:

Post a Comment